Rabu, 28 Januari 2009

Jadi Penulis Euy

Setelah cukup lama bertarung dengan jiwa yang terkekang, akhirnya aku mulai berani mempublikasikan suara hatiku melalui goresan di dunia maya.
Sebelumnya aku lebih suka membuatkan blog untuk organisasi yang kuikuti, kalo masalah mengeksistensikan diri, aku sering menulis ke berbagai media massa, lumayan lah..cukup banyak tulisanku yang dimuat, kebanyakan tentang isu sosial dan politik karena memang karakterku yang sangat kritis.

Menulis merupakan sebuah potensi yang dianugerahkan Tuhan kepadaku, dulu rasanya Cuma iseng membuat cerpen anak-anak saat masih SMP, dan respon teman-teman sangat positif sekali, mereka sering menagih cerpen padaku, awalnya inspirasiku lahir dari membaca, malah kadang cerpen hasil karyaku hanya merupakan sebuah editan dari cerita aslinya. Namun aku juga punya hobi lain yaitu berimajinasi, apapun yang sering aku lihat dan dengar maka mulailah imajinasiku dimulai dan mengalir begitu saja cerita-cerita dalam kepalaku.
Sejak SMA, keaktifan menulisku sudah hampir tidak ada, tapi aku masih suka dengan pelajaran Bahasa Indonesia terutama mengarang, potensi menulis itu masih mengakar kuat dalam diriku, buktinya daya nalarku semakin besar, makanya ketika ujian teori aku lebih suka jika jawabannya bukan dari teks buku tapi hasil dari nalar.
Aku masih suka iseng menulis, kadang tentang cinta atau yang lain, maklum sudah remaja alias ABG, mulai mengalami masa puber, tapi aku masih mengandalkan tulisanku dalam sebuah buku harian, agak melankolis sekali padahal karakterku tidak terlalu feminim alias lumayan tomboy! Tapi agak capek juga menulis di buku harian apalagi jika semua pikiranku tertuang habis disana lengkap dengan emosi entah marah, sedih atau senang.
Sekarang, saat mulai menata hidup baru sebagai anak kuliahan, dan sudah menemukan jati diri yang sebenarnya, aku mulai lagi mengasah kemampuan menulisku kali ini lebih serius..dan aku baru sadar, kenapa baru sekarang aku mau serius mendalami dunia tulis menulis ini? Bidang akademik pun tidak berhubungan dengan dunia menulis, kuliah Komputer! Harusnya aku ahli dalam bidang IT kan, tapi rasanya hatiku belum sinkron dengan bidang akademik ini meskipun aku sangat menyukai teknologi dan berharap suatu hari nanti aku mampu menciptakan sesuatu teknologi yang sangat bermanfaat bagi umat manusia. Sekarang sejak aktif menulis lagi, pikiranku tentang masa depan yang akan kujalani kelak jadi berubah, aku ingin menjadi seorang ahli IT, tapi juga ingin menjadi seorang jurnalis atau minimal sebagai penulis sejati yang mampu melahirkan mahakarya yang besar…
Bagiku menjadi apapun kelak yang penting apa yang kita lakukan dan hasilkan membawa manfaat besar bagi umat manusia, terlebih diri sendiri dan keluarga. Cita-cita bukan hanya untuk menghasilkan uang kan?
Dan akhirnya, aku memilih untuk mengembangkan apapun potensi yang sudah dikaruniakan Tuhan padaku..dengan keseriusan tentu saja. Karena bagiku ketika kita mengacuhkan potensi yang ada, bisa saja potensi itu kemudian pergi dan tidak akan kembali lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar