Rabu, 28 Januari 2009

Jadi Pengusaha aja ah!

Habis lulus kuliah mau ngapain ya? Sebuah pertanyaan yang mengandung beban cukup berat bagi yang baru wisuda jadi sarjana, ada banyak pilihan sih..mau cari kerja, mau langsung nikah atau nunggu nasib aja alias nganggur.
Desember 2008 lalu ramai sekali dengan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) serentak di seluruh Indonesia, tak ketinggalan keluarga yang baru lulus dan yang sudah lama lulus kuliah antusias sekali untuk mendaftarkan diri dan bersaing dengan ribuan pendaftar yang lain, begitu pun dengan teman-teman saya yang fresh graduate dari kampusnya. Saya dulu juga pernah mendaftar menjadi PNS tapi waktu itu masih lulusan SMA dan itupun hasil “lobi” dari orang tua saya yang menginginkan agar anak-anaknya sukses menjadi PNS..saya sih agak terpaksa mengikutinya, bergerombol untuk mendapatkan nomor ujian sangat tidak mengenakkan buat saya, tapi demi sekedar menyenangkan hati orangtua akhirnya saya pasrah saja. Setelah mengikuti tes masuk, saya dinyatakan tidak lulus menjadi PNS dan saat itu tidak ada reaksi yang menyedihkan dari saya karena memang saya tidak sepenuh hati mengikuti CPNS ini apalagi saya masih berkeinginan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi formal.
Kembali pada cerita kerabat-kerabat saya, akhir Januari 2009 ini akan diumumkan siapa saja yang berhasil sukses menapaki hidup menjadi PNS, yang berhasil akhirnya bisa hidup tenang tanpa harus berpikir lagi kemana akan bekerja, namun bagi yang tidak berhasil ya…Kacian Deh Loo!!
Sebenarnya bukan maksud saya meremehkan pekerjaan sebagai PNS, bekerja sebagai PNS memang sangat menjanjikan bahkan pada saatnya pensiun kita akan tetap terima gaji kan? Artinya hidup kita sudah terjamin tinggal menikmati masa tua saja lagi. Tapi bagi saya pribadi, menjadi PNS bukan sebuah pekerjaan yang terlalu menyenangkan bahkan terkesan monoton karena rutinitas kerja yang dijalani tiap hari hampir selalu sama, dan sepertinya tidak ada ruang untuk berinovasi dan berkreasi disana sekedar menghilangkan rasa jenuh. Dan bagi saya, tidak adanya ruang untuk berkreasi itu sangat menyiksa sekali, tetapi jika kita bekerja di sebuah kantor swasta atau bahkan menjadi pengusaha sendiri, kita bebas untuk mengasah pemikiran dan melahirkan ide-ide yang inovatif untuk mengembangkan usaha bahkan sampai melahirkan ide-ide konyol sekalipun, kalo jadi PNS..saya tidak pernah melihat itu…hampir tidak ada dalam rencana hidup saya ke depan setelah selesai menjalani pendidikan di perguruan tinggi, hal utama yang saya pikirkan sekrang adalah saya mau menjadi apa dulu nantinya? Melihat potensi saya yang cukup bagus sebagai penulis (maaf..agak narsis) punya peluang cukup besar untuk menjadi penulis professional yang komitmen menghasilkan karya-karya besar, atau mau coba-coba merintis karir menjadi jurnalis (itu cita-cita dari lubuk hati terdalam..hiks), tetapi melihat latar balakang pendidiakn formal saya dibidang IT (teknologi informasi) saya pun berkeinginan menjadi seorang pekerja dibidang tersebut entah jadi programmer atau analist system walaupun saya mengakui agak lemah dalam teori bahasa pemprograman. Tapi saya pun punya kesempatan untuk menjalani dua profesi tersebut, jadi ahli IT sekaligus penulis! Yang pasti keinginan terbesar saya adalah tidak akan mencari pekerjaan tapi bagaimana caranya agar saya pun masuk dalam daftar orang-orang yang berhasil menciptakan lapangan kerja mengingat apakah mungkin pada tahun 2010-2011 (target lulus saya) krisis ekonomi global akan segera berakhir atau jangan-jangan malah tambah parah sehingga mencari pekerjaan pun sangat sulit sekali.
Yang pasti lagi, saya bercita-cita ingin menjadi pengusaha saja istilah kerenya wanita karir tapi tetap menjadi menjalani kewajiban sebagai Ibu rumah tanggan nantinya, saya sudah cukup sering melihat pengusaha-pengusaha yang berhasil merintis karir tentu saja mulai dari usaha nol besar dan diiringi oleh perjuangan dan pengorbanan yang tidak sedikit, juga harus mempunyai mental baja agar ketika mengahdapi kendala tidak cepat jatuh dan terpuruk tetapi justru keterpurukan menjadikannya bangkit dan bangkit untuk terus berusaha merubah keadaan, kalo mentalnya “anak mami” sih mending ke laut aja ya!
Pertanyaannya sekarang, apakah saya mampu membentuk karakter bermental baja yang siap meniti karir dari bawah sekali sampai akhirnya berhasil menjadi seorang pengusaha yang sukses? Makanya itu, dari sekarangpun saya sedang berusaha untuk membentuk karakter seperti itu, dan itu saya mulai coba-coba membuat usaha kecil sambil mengasah jiwa wirausaha yang ada dalam diri saya seperti yang pernah saya pelajari di SMA dulu. Yang pasti bekerja untuk orang lain itu tidak selamanya enak ko’..dan coba deh singkirkan dulu cita-cita menjadi PNS setelah lulus dari kuliah, coba untuk mengembangkan diri dulu, sebelum lulus tidak ada salahnya memikirkan apa yang kita kerjakan nanti setelah menyandang gelar sarjana, mumpung masih muda dan saya yakin jiwa muda itu penuh dengan pikiran-pikiran yang kreatif dan inovatif..jadi PNS sih bisa jadi alternatif tapi kalo bisa posisinya harus berada diurutan paling bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar